Akses Informasi Masyarakat melalui SMS Center Bupati ke 08113445999, SMS Malowopati 08113322958, SMS LAPOR ketik BJN [spasi] ISI kirim ke 1708

Artikel

PKPKD, PPKD, BPD, dan TPK Desa Kedungbondo up grade pengetahuan tentang Keuangan Desa

25 Juli 2022 07:04:47  Admin Desa  84 Kali Dibaca  Berita Lokal

Bojonegoro - 25 Juli 2022 di Gedung Angling Dharma Lt. 2 Pemegang Kekuasaan Pengelolaan Keuangan Desa (PKPKD), Pelaksana Pengelolaan Keuangan Desa (PPKD), Badan Permusyawarahan Desa (BPD) dan Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) menghadiri Workshop Pengelola Keuangan Desa untuk Optimalisasi Pemanfaatan Aplikasi Siskeudes Sebagai Bentuk Percepatan Menciptakan Pengelolaan Keuangan Desa yang Tertib dan Akuntabel.

"Untuk menjalankan anggaran ada 5 tahapan yang harus dilaksanakan oleh Pemerintahan Desa, Perencanaan, Pelaksanaan, Ketatausahaan, Pelaporan, Pertanggungjawaban. Proses diatas dilaksanakan secara bertahap, tentunya ada dalam Permendagri Nomor 20 Tahun 2018", jelas Anggraeni salah satu pemateri. 

Pengelolaan Keuangan sudah ada panduan dalam Permendagri, dimana dalam peraturan tersebut sinergi dengan aplikasi Siskeudes. 

Agenda dilanjutkan dengan pembahasan pajak yang harus dibayarkan kepada Kantor Pajak, karena ada beberapa perubahan nilai potongan pajak.

"Tugas bendahara desa tidak hanya mencatat pajak yang ada, tetapi juga menyetorkan kepada KPP Pratama", ungkap salah satu pegawai kantor pajak. 

BPD menyambut dengan optimis terkait optimalisasi tersebut. 

"Agenda seperti ini sangat berguna bagi kami, karena kesibukan kami dirumah haruslah ada workshop yang bisa mengingatkan kami kembali agar kompetensi BPD bertambah dan bisa mengoptimalkan kinerja BPD di desa", tandas Sutrisno anggota BPD yang mewakili Ketua BPD yang berhalangan hadir. 

Pemanfaatan Siskeudes untuk menunjang pengelolaan keuangan di Pemdes merupakan langkah yang sangat membantu dan  bermanfaat. (Arc)

Download Materi Workshop

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Info Umum

Peta Desa

Aparatur Desa

Sinergi Program

Agenda

Statistik Penduduk

Info Media Sosial

Arsip Artikel